#bawahfooter { margin:0; padding:0; text-align:center;} #bawahfooter1 { margin:10px 0 10px 0; padding:0;}

Iklan

PERSPEKTIF E-MAGAZINE

Ingat, Anda Juga Punya Pesaing

mahartinetworking
Rabu, 12 Desember 2018, Desember 12, 2018 WIB Last Updated 2019-01-17T00:53:13Z


BISNISNEWS.CO.ID, JAKARTA - Salah satu cara yang baik untuk mulai menghadapi persaingan adalah melalui program pemasaran yang dirancang secara kreatif dan dilaksanakan dengan baik. (Philip Kotler). Setiap produk tentu akan memiliki pesaing, yang harus kita pikirkan dan hadapi. Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang lumrah dan mesti kita hadapi.

Hakikat hidup adalah persaingan, demikian kata orang bijak yang sering kita dengar.
Dalam konteks menjual diri pun kita akan menghadapi persaingan. Boleh jadi pesaing kita telah lebih awal dikenal publik ataupun pesaing yang baru tahap perencanaan. Apapun kategori pesaing kita harus kita hadapi dan berupaya optimal untuk memenangkan persaingan dengan sehat dan profesional.

Sebelum kita membuat konsep menghadapi persaingan, kita harus melakukan identifikasi pesaing. Menurut dosen periklanan saya di Universitas Mercu Buana, Jakarta, Hardiyanto, yang dinamakan pesaing itu kalau produk dan pasarnya sama. Jadi, kalau kita memilih menjadi psikolog tentu pesaing kita adalah para psikolog, kalau kita memilih menjadi motivator tentu pesaing kita juga adalah para motivator, kira-kira seperti itulah cara sederhana untuk mengidentifikasi pesaing. (DBS/KNT)
Komentar

Tampilkan

Terkini

EKONOMI DIGITAL

+